Pintu Kota

PINTU KOTA

Mendengar nama seperti itu dalam benak kita terbayang gerbang masuk ke dalam sebuah kota, namun berbeda dengan nama Pintu Kota yang akan kita bahas ini. Pintu Kota yang ada di Ambon merupakan sala satu objek wisata yang terletak di desa Airlouw pulau Ambon, berjarak kurang lebih 17 km dari Pusat Kota Ambon dengan waktu tempuh 30 menit dengan menaiki kendaraan bermotor dari kota Ambon. Menuju ke daerah ini harus melalui jalanan dengan berkelak-kelok menurun maupun naik, tapi tidak usah khawatir jalannya sudah menggunakan aspal dengan baik sehingga sangat asyik apabila berkendara dengan santai sambil menelusuri jalan disajikan pemandangan laut sepanjang perjalanan.

Kenapa disebut Pintu Kota…? Ada beberapa latar belakang sehingga sampai disebut Pintu Kota, yang pertama dari letak geografis lokasi ini terletak di ujung pulau Ambon yang mengarah ke laut lepas dan merupakan lalulintas laut kapal-kapal yang akan masuk ke teluk Ambon; yang kedua pada masa penjajahan Belanda dan Portugis di Maluku tempat ini di jadikan pos pengintai oleh penjajah untuk mengetahui kapal-kapal pedagang maupun musuh yang akan masuk ke Pulau Ambon; yang ketiga terdapat batu karang yang berbentuk sebuah lubang persegi empat yang ada di kaki bukit batu yang menjorok ke laut. Lubang inilah yang terkenal dengan sebutan Pintu Kota. Karena seperti sebuah gerbang pintu masuk yang seakan-akan memberikan ucapan selamat datang kepada turis-turis yang hendak berwisata ke pulau Ambon. Disinilah para turis dapat melihat keindahan panorama teluk Ambon.

Keindahan alam ini yang membuat saya tergerak untuk mempromosikan beberapa objek wisata di provinsi Maluku khususnya Ambon yang terkenal dengan alamnya yang indah. Salah satunya adalah objek wisata pintu kota Ambon.

Ayo… apakah anda tertarik berkunjung ke sana??? Keren banget deh tempatnya, bisa dijadiin tempat alternatif persinggahan di selama berada di pulau Ambon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar