Sekilas Ambon



SEKILAS TENTANG KOTA AMBON

Tentu kita setuju apabila Ambon selama ini disebut “Ambon Manise” yang artinya pulau Ambon yang bagus atau pulau Ambon yang cantik. Saat akan mendarat di Bandara Pattimura dari atas pesawat kita akan menyaksikan hamparan pantai dengan pasirnya yang putih dan air yang sangat bening hingga terlihat pemandangan dasar pantai dari atas pesawat sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Ambon tidak ada salahnya saya sajikan sekilas tentang Ambon. Pulau Ambon… adalah sebuah pulau kecil diantara ribuan pulau di Propinsi Maluku yang merupakan wilayah Indonesia bagian timur yang juga dijuluki Negeri Seribu Pulau.

Secara geografis Pulau Ambon terletak di antara 5°LU-8°20'LS dan 124°-135°BT yang dikelilingi laut dan pulau-pulau tetangga seperti Pulau Buru, Pulau Seram dll. Pulau Ambon yang selalu terlihat berkabut oleh para pelaut setidaknya mewakili keindahan negeri yang dijuluki ‘kepulauan rempah-rempah dan surga lautnya’. Julukan itu disebutkan oleh Gregorius E Rumphius, seorang ilmuwan bangsa Belanda dalam bukunya, Ambonsche Landbeschriving, yang ia tulis dalam bahasa Belanda pada abad ke-16 di Ambon. Surga laut bagi Rumphius, ternyata bukan saja karena kaya dengan keanekaragaman speciesnya, tetapi juga pemandangan alam lautnya. Teluk Ambon misalnya, jika diamati dari tempat yang tepat terlihat ibarat maha karya terindah didunia. Kota yang saat ini sebagai Ibukota Propinsi Maluku adalah kota yang tenang dan damai dengan beraneka macam interaksi penduduknya yang sangat hangat dan keramahtamahan masyarakat Ambon yang khas tidak dapat dijumpai di daerah lain. Keindahan panorama alamnya juga menjadi daya tarik bagi Kota Ambon.

Ada dua cara untuk sampai dan berwisata di pulau Ambon, dengan menggunakan Kapal laut dan pesawat terbang, tentunya dengan menggunakan pesawat terbang dapat menghemat waktu dan merupakan pilihan yang tepat. Banyak sekali maskapai penerbangan yang dapat melayani kita ke Ambon dari Kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Makasar dan kota-kota lainnya di Indonesia. Kita tinggal pilih mau naik Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air dan yang lainnya dengan mudah dapat kita peroleh informasi di agen travel terdekat.

Selepas mendarat di Bandara Internasional Pattimura, anda harus menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang telah tersedia seperti taksi maupun bis yang akan mengantar anda ke pusat kota sebagai perbandingan bila menggunakan taksi akan dikenakan ongkos Rp.125.000,- s.d Rp.150.000,-, sedangkan bila menggunakan bis kita bisa berhemat dengan hanya mengeluarkan ongkos Rp.25.000,- saja. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk untuk mencapai jarak tempuh kira-kira 38 km ke pusat kota Ambon. Sepanjang jalan menuju jantung Kota Maluku anda akan disuguhkan panorama menawan dari Teluk Ambon yang mengitari pulau sepanjang perjalanan. Setelah tiba di kota Ambon tinggal kita pilih mau beristirahat terlebih dahulu dengan memilih penginapan maupun hotel yang banyak tersedia di kota Ambon atau langsung menuju ke tempat wisata.

Untuk memenuhi kebutuhan harian maupun belanja, AMPLAS begitu biasa disebut atau kepanjangan dari Ambon Plasa mungkin dapat menjadi tempat belanja yang dapat memenuhi kebutuhan anda mulai dari pakaian, sepatu, makanan, alat-alat rumah tangga bahkan di lantai 2 dan 3 terdapat toko-toko handphone termasuk servicenya, pusat belanja Matahari dan toko buku Gramedia juga ada di Amplas, ooo hampir lupa di Amplas juga ada KFC (Kentucky Fried Chiken) siapa tau laper lagi jalan-jalan bisa mampir dulu dech. Lokasi mudah dijangkau bagi masyarakat kota Ambon karena berada di pusat kota dan menjadi pusat perekonomian kota Ambon. Tidak jauh dari Amplas terdapat Lapangan Merdeka (kalau di kota-kota lain di Indonesia seperti Alun-alun) biasa digunakan untuk aktivitas olahraga maupun tempat nongkrong anak muda di sore dan malam hari. Masih ada satu lagi pusat perbelanjaan di kota Ambon yaitu Pasar Mardika, tentunya barang yang diperjual belikan berbeda dengan Amplas, selain bahan-bahan pokok disini dijual ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan di laut dengan berbagai macam jenis ikan laut mulai dari ikan tenggiri, tuna, kerapu, baronang, cakalang dan lobster yang masih dalam keadaan segar (so pasti... langsung dari laut…).

Sebelum kita mulai untuk menuju tempat wisata tentu tidak ada salahnya mengetahui informasi berikut ini tentang sarana transportasi, memang transportasi tidak ada masalah bagi mereka yang memiliki saudara atau keluarga di Ambon dan memiliki kendaraan pribadi, tetapi informasi ini lumayan berguna kalau tidak memiliki fasilitas kendaraan pribadi. Pertama Rental Mobil, di Ambon terdapat banyak penyewaan mobil dengan tarif yang bervariasi tergantung jenis kendaraanya mulai dari Rp.300.000,- per 24 jam tanpa sopir dan BBM atau Rp.600.000,- sudah termasuk sopir dan BBM tinggal pilih sesuai keuangan anda. Kedua Angkot, anda akan heran pada saat pertama kali melihat angkot yang ada di kota Ambon ini, “FULL MUSIC” dan “FULL ASESORIS” para sopir angkot di kota Ambon bersaing dalam penampilan dan gaya dalam melayani penumpangnya, semakin rame semakin Narsis….. Angkot memiliki warna-warna sesuai dengan jalurnya. Ketiga Becak, kalau di Jakarta atau Bandung sudah sulit untuk melihat becak, ternyata di Ambon becak menjadi kendaraan favorit untuk menelusuri jalan-jalan di kota Ambon sambil menikmati pemandangan kota Ambon. Ongkos yang perlu dibayar bila menggunakan becak berkisar antara Rp.10.000,- sampai Rp.20.000,- tergantung jarak dan kesepakatan saat naik.

Itulah sekilas tentang Ambon….manise….




1 komentar:

  1. Artikel yang menarik, jika boleh berbagi, kami mitra pakodetiket.com, juga melayani jasa sewa mobil di Ambon dan sekitarnya, hub.sms/call 082233370038, atau pesan lewat form berikut; http://www.pakodetiket.com/p/rental-mobil-mmbc-rent-car-menyediakan.html

    BalasHapus